Twitter Updates


ShoutMix chat widget

Selasa, 09 Agustus 2011

Soal dan Jawaban Sistem informasi Manajemen BAB 1


SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

Soal No. 1 Bab 1
1.    Mengapa informasi menjadi sumber daya utama bagi suatu organisasi?
Dikarenakan semua organisasi membutuhkan informasi, alesannya karena setiap keputusan diambil berdasarkan informasi yang terkumpul, informasi membawa pesan,

Kasus No. 1 Bab 1
1.    Jelaskan bagaimana hubungan sistem informasi manajemen dan fungsi manajemen?
Manajemen ada dimana-mana diberbagai tingkatan dan fungsi bisnis SIM harus mampu memberikan informasi yang dibutuhkan oleh manajemen tersebut sesuai dengan tingkatannya.



Soal No. 1 bab 2
1.    Apakah yang dimaksud dengan sistem?
Sistem adalah kumpulan atau grup dari subsistem atau bagian atau komponen apapun baik phisik atau pun non phisik yang saling berubungan satu sama lain dan bekerja sama secara haronis untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Kasus No. 1 Bab 2
1.      Coba anda jelaskan dan beri alasan apabila suatu sistem memiliki 7 buah subsistem dan salah satu sistemnya tidak dapat berfungsi, apakah sistem tersebut dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan?
Tidak akan berjalan sesuai dengan target karena sebuah sistem akan berjalan dengan sempurna jika semua subsistemnya berfungsi, bila salah satu saja subsistem ada yang tidak berfungsi maka harapan yang akan dicapai tidak akan sesuai dengan tujuan.

Soal No. 1 BAB 3
1.      Apakah yang dimaksud dengan data dan informasi?
Data adalah fakta atau apapun yang dapat digunakan sebagai input dalam menghasilkan informasi. Informasi adalah hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat.

Kasus No. 1 Bab 3
Tidak bisa

Soal No. 1 BAB 4
1.      Sebutkan ciri/kriteria informasi berkualitas?
Kriteria informasi berkualitas, yaitu :
*      Relevan
*      Tepat waktu
*      Akurat
*      Lengkap

Kasus No. 1 Bab 4
Tidak bisa

Soal No. 1 BAB 5
1.      Coba jelaskan apa itu sistem informasi akuntansi?
Sistem Informasi Akuntansi pada dasarnya merupakan integrasi dari berbagai system pengolahan transaksi. Sistem Informasi Akuntansi dapat juga didefinisikan sebagai kumpulan dari subsistem-subsistem yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mengolah data keuangan menjadi informasi keuangan yang diperlukan oleh manajemen dalam proses pengambilan keputusan di bidang keuangan.

Kasus No. 1 BAB 5
1.      Coba jelaskan mengapa dikatakan sitem informasi akuntansi sebagai bagian terbesar dari sistem informasi manajemen?
Sistem Informasi Akuntansi dikatakan sebagai bagian terbesar dari Sistem Informasi Manajemen karena Sistem Informasi Akuntansi ini berada di berbagai bidang operasional manajemen organisasi. Sehingga Sisten Informasi Akuntansi dapat juga didefinisikan sebagai kumpulan dari subsistem-subsistem yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mengolah data keuangan menjadi informasi keuangan yang diperlukan oleh manajemen dalam proses pengambilan keputusan di bidang keuangan.



Soal No. 1 Bab 6
1.    Coba jelaskan apa yang termasuk peralatan input?
1.Keyboard digunakan untuk memasukkan data dalam bentuk teks (ASCII) ke komputer, 2. Mouse digunakan sebagai pointer (mempercepat perpindahan lokasi kursor dibandingkan bila menggunakan keyboard, 3. Scanner digunakan untuk memasukkandata dalam bentuk image (gambar), 4.kamera digital digunakan untuk menyinpan data gambar, 5. Kamera video digunakan untuk menyimpan data gambar yang dapat bergerak juga juga bersuara

Tugas No.1 Bab 6
1.    Coba jelaskan bagaimana pengaruh memori dan hardisk terhadap kinerja komputer?
Semakin besar memori suatu komputer maka akn semakin cepat komputer itu dalam membaca data, sebaliknya bila memori yang kecil akan membuat komputer lambat, semakin cepat putaran hardisk (RPM) maka akan semakin cepat komputer itu menyalin dan menulis data. Semakin besar ruang yang tersisa di hardisk maka akan semakin cepat dan lancar hardisk itu memindahkan data ke file.


Soal No. 1 Bab 7
1.    Sebutkan tiga jenis software yang termasuksistem software?
Sistem Operasi(OS), Interprenter, Kompiler.

Tugas No. 1 Bab 7
1.      Bila ingin membangun software untuk sistem informasi manajemen, software apa saja yang diperlukan dan apa fungsinya?
a.      Quicken
b.      Account Pro
c.       Peachtree
d.      Word Processor
e.      Spreadsheet

Soal No. 1 Bab 8
1.      Siapa sajakah yang dikelompokan sebagai SDM sistem informasi?
a.      Manajer sistem informasi
b.      Analisis sistem
c.       Administrator jaringan
d.      Administrator database
e.      Programer
f.        Operator
g.      Pustakawan


Kasus No.1 Bab 8
Tidak bisa


Soal No. 1 Bab 9
1.      Apa yang dimaksud dengan prosedur?
Rangkaian aktivitas/kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang dengan cara yang sama. Prosedur merupakan pedoman bagi suatu organisasi dalam menentukan aktivitas apa saja yang harus dilakukan dalam menjalankan suatu fungsi tertentu.
Tugas No. 1 Bab 9
1.      Apakah prosedur secara konseptual sama dengan prosedur yang berjalan? Jelaskan!
Prosedur secara konseptual pun dapat tidak sama degan prosedur yang berjalan alasannya karena prosedur yang berjalan bersumber dari prosedur konseptual, jadi apapun yang dlakukan sesuai dengan yang dikonsepkan terlebih dahulu.


Soal No. 1 Bab 10
1.      Apa yang dimaksud dengan database dan jelasakan pengertian database secar luas dan sempit?
Database merupakan kumpulan data-data yang tersimpan didalam media penyimpanan disuatu perusahaan (arti luas) atau didalam komputer (arti sempit).

Tugas No. 1 Bab 10
Tidak bisa



Soal No. 1 Bab 11
1.      Sebutkan komponen sistem telekomunikasi?
a.      Komputer (host) untuk mengolah informasi.
b.      Terminal  yang memantau peralatan input/output untuk mengirim atau menerima data
c.       Saluaran komunikasi (telepon,kabel,udara)
d.      Pengolah komunikasi (communication processor : modem,multiplexer,dan front end  processor)
e.      Software komunikasi yang mengontrol aktivitas input,output dan mengelola fungsi lainnya dalam jaringan komunikasi.
Tugas no. 1 Bab 11
Tidak bisa


Soal No.1 Bab 12
1.      Sebutkan jenis-jenis keputusan menurut simon?
a.       Keputusan yang terstruktur/terprogram berasal dari permasalahan dan kejadian-kejadian yang tersruktur. Permasalahan atau keputusan bisa di strukturisasi karena sifatnya rutin sehingga bisa ditentukan sebelumnya.
b.      Keputusan yang tidak terstruktur/terprogram berasal dari permasalahan atau kejadian yang tidak terstuktur.sifatnya tidak bisa diprediksi karena tidak jelas rutinitasnya, sehingga seolah-olah baru atau mungkin memang benar baru atau bisa juga karena begitu pentingnya sehingga memerlukan perlakuan yang sangat khusus berbeda dari umumnya.
Tugas No. 1 Bab 12
1.      Jelaskan ciri-ciri kemampuan SPK?
Ciri dari SPK yang dikemukakan oleh Turbun sebagai berikut:
a.       SPK memberi dukungan informasi kepada pengabil keputusan.
b.      SPK selalu menyesuaikan diri terhadap keadaan.
c.       SPK menarik minat
d.      SPK relatif harus mudah untuk dibuat
e.       SPK tingkat lanjut menampung komponen knowledge, dsb



Soal No. 1 Bab 13
1.      Apakah yang dimaksud dengan kecerdasan buatan (AI)?
Aktivitas penyedia mesin seperti komputer yang memiliki kemampuan menampilkan perilaku yang dianggap cerdas seperti yang terjadi pada manusia. AI merupakan aplikasi komputer yang mencoba agr komputer memiliki penalaran menyerupai beberapa jenis penalaran manusia atau program komputer yang beroperasi menyerupai pengetahuan seorang pakar dlam bentuk heuristic.
Tugas No. 1 Bab 13
1.    Konsep sistem pakar sudah lama muncul, mengapa perkembangannya belum begitu pesat dlm dunia bisnis?
Karena sistem pakar sangat jarang dimanfaatkan untuk membantu dalam memecahkan suatu masalah, terutama dalam dunia bisnis. Salah satu indikasi yaitu kurangnya sosialisasi kepada halayak umum serta tingkat kekhawatiran dan ketakutan yang terlalu berlebih dari para pakar karena takut tersaingi kepakarannya jikalu ada sebuah komputer yang telah memiliki tingkat kepakaran yang serupa.   



Soal No. 1 Bab 14
1.    Apa yang  dimaksud dengan kantor? Apa fungsinya?
Kantor adalah tempat yng merupakan pusat pelayanan dan pusat informasi dari kegiatan perusahaan dan organisasi. Fungsinya sebagai tempat mengelola informasi perusahaan/organisasi, tempat memberikan pelayanan yang berhubungan dengan perusahaan/organisasi.


Tugas No. 1 Bab 14
1.    Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan internet,intranet,dan ekstranet?
a.    Internet adalah jaringan komputer raksasa yang mengintegrasikan ribuan jaringan komputer dari 200 negara diseluruh dunia dengan 4000000 host/induk komputer.internet bukan hanya jaringan antar komputer tetapi juga merupakan jaringan komputer diseluruh dunia
b.    Intranet adalah sebuah jaringan yang dibangun berdasarkan teknologi internet yang didalamnya terdapat basis arsitektur berup aplikasi web dan teknologi komikasi data.
c.    Ekstranet adalah jika sebuah badna usaha atau bisnis mengekspose sebagian dari internal jaringan ke komunitas diluar. Integrasi dari beberapa jaringan internet.

Soal No. 1 Bab 15
1.    Apa yang dimaksud dengan internet?
Internet adalah jaringan komputer raksasa yang mengintegrasikan ribuan jaringan komputer dari 200 negara diseluruh dunia dengan 4000000 host/induk komputer.internet bukan hanya jaringan antar komputer tetapi juga merupakan jaringan komputer diseluruh dunia.

Tugas No. 1 Bab 15
1.    Apakah manfaat internet bagi anda?
Meningkatkan kemempuan berkomunikasi, sumber pengetahuan, hiburan.

Soal No. 1 Bab 16
1.    Apa yang dimaksud dengan enterprise?
Enterprise adalah sekelompok orang yang memiliki tujuan secara umum sama, mereka memiliki sumber daya utuk mencapai tujuan. Enterprise berperan sebagai satu entitas.

Kasus No. 1 Bab 16
1.    Coba jelaskan apakah dengan adanya software ERP dipastikan sistem informasi perusahaan akan baik?
Ya, karena banyak pakar mengidentifikasi EPS seperti diantaranya Turba (1999) menyatakan bahwa software ERP merupakan sebuah software yang memberikan solusi untuk mengintergrasikan dan mengendalikan seluruh proses bisnis yang ada dalam satu organisasi. Software ini menjanjikan keuntungan mulai dari meningkatkan efisiensi sampai dengan kualitas,produktivitas, dan profifabilitas.

Soal No. 1 Bab 17
1.    Siapakah dan apa tugas analis sistem?
Analisis sustem informasi manajemen adalah seorang profesional yang betanggung jawab untuk mempelajari masalah-masalah dan kebutuhan-kebutuhan dalam aktivitas bisnis dengan mendayagunakan manusia, metodologi, dan teknologi komputer agar dapat memberikan manfaat yang optimal bagi peningkatan aktivitas bisnis.
Analis sistem adalah orang yang bertanggung jawab untuk mempelajari informasi yang berhubungan denga masalah-masalah yang timbul dan mampu memberikan jalan keluar sesuai dengan masalah yang dihadapi.
Analisis sistem bertugas untuk menganalisis sistem informasi yang telah ada,mengembangkannya dan menyusun sistem baru pada sub sistem yang bermasalah dengan bantuan komputer.
Kasus No. 1 Bab 17
1.    Sebutkan pengetahuan dan kemampuan yang harus dimiliki seorang analis sistem?
Analis sistem harus memiliki kemampuan berkomunikasi dengan pihak-pihak lain seperti pemakai komputer manajemen, teknisi bagian adminisrasi, programmer, penyedia hardware dan software dan database administrator.


Soal No. 1 Bab 18
1.    Apa beda siklus,metodelogi, dan teknik?
a.      Siklus adalah tahapan-tahapan dan tugas-tugas yang harus dilakukan dalam mengembangakan sistem informasi.
b.      Metodelogi adalah rincian secara menyeluruh dan siklus pengembangan sistem informasi.
c.       Teknik adalah pendekatan bagaimana menggunakan alat dan peraturan yang melengkapi satu atau lebih tahapan-tahapan dalam siklus pengembangan sistem informasi.

Tugas No. 1 Bab 18
1.      Sebutkan tahap-tahap dalam metode SDLC?
a.      Melakukan survei dan menilai kelayakan projek pengembangan sistem informasi.
b.      Mempelajari dan menganalisis sistem informasi yang sedang berjalan.
c.       Menentukan permintaan pemakai sistem informasi.
d.      Memilih solusi atau pemecahan masalah yang paling baik.
e.      Menentukan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) komputer.
f.        Merancang sistem informasi baru.
g.      Membangun sistem informasi baru.
h.      Mengkomunikasikan dan mengimplementasikan sistem informasi baru.
i.        Memelihara dan melakukan perbaikan/peningkatan sistem informasi baru bila diperlukan.






Soal No. 1 Bab 19
1.      Mengapa sistm informasi manajemen menjadi tidak aman?
Karena adanya hecker dan virus.


Tugas No. 1 Bab 19
1.      Sebutkan dan jelaskan apa yang dimaksud dengan pengendalian umum?
Pengendalian umum merupakan pengendalian yang menyeluruh yang bertujuan untuk memberikan keyakinan bahwa prosedur yang diprogram telah berjalan secara efektif pada seluruh aktivitas bisnis. Pengendalian ini meliputi :
a.      Pengendalian atas seluruh proses implementasi sistem.
b.      Pengendalian atas software yang digunakan.
c.       Pengendalian atas fisik hardware.
d.      Pengendalian atas pengoperasian komputer.
e.      Pengendalian atas keamanan data dan jaringan.
f.        Pengendalian atas aktivitas administrasi.

  

0 komentar:

Posting Komentar

nilailah blogku sesuka hatimu

Maher Zain - Insha Allah | Insya Allah | ماهر زين - إن شاء الله

Google Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

BlogCatalog

Blog Top Sites

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More