Twitter Updates


ShoutMix chat widget

Selasa, 09 Agustus 2011

Soal dan Jawaban Sistem informasi Manajemen BAB 2

BAB I GAMBARAN UMUM SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Soal
2. Mengapa perhatian terhadap informasi terus meningkat?
                Jawab : Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor, yaitu :
§  Semakin meningkatnya aktivitas bisnis, maka akan menyebabkan semakin kompleknya permasalahan dan komunikasi yang dihadapi oleh suatu organisasi perusahaan sebagai pelaku bisnis.
§  Semakin tingginya kemampuan komputer yang melahirkan berbagai kemungkinan aplikasi yang dapat membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasi suatu organisasi.
Kasus
2. Jelaskan bagaimana hubungan antara sistem informasi manajemen dan sistem informasi akuntansi!
                Jawab : Sistem informasi akuntansi adalah bagian dari sistem informasi manajemen yang mengolah data keuangan menjadi informasi keuangan. Fokus sistem informasi akuntansi adalah pada manajemen tingkat bawah atau operasional.

BAB II KONSEP DASAR SISTEM
Soal
2. Coba jelaskan ciri-ciri dan model-model dari sistem!
                Jawab : Ciri-ciri sistem :
1)      Memiliki tujuan sistem, yaitu target atau sasaran akhir yang ingin  dicapai oleh suatu sistem.
2)      Memiliki batas sistem, yaitu garis abstraksi yang memisahkan antara sistem dan lingkungannya.
3)      Terdiri dari subsistem, yaitu komponen atau bagian dari suatu sistem, berupa phisik ataupun abstrak.
4)      Hubungan sistem vertikal dan horizontal
5)      Input, merupakan segala sesuatu yang masuk ke dalam suatu sistem. Output, adalah hasil dari suatu proses yang merupakan tujuan dari keberadaan sistem.
6)      Lingkungan internal dan eksternal, berpengaruh sangat kuat terhadap sistem, tetapi sebaliknya suatu sistem sedikit sekali berkemampuan untuk merubah lingkungan.
Model-model sistem :
§  Model phisik, penggambaran entitas dalam bentuk tiga dimensi.
§  Model naratif, penggambaran entitas dalam bentuk lisan atau tulisan. Pendengar atau pembaca dapat memahami entitas dari narasi atau cerita.
§  Model grafik, penggambaran suatu entitas dalam bentuk simbol, garis, atau bentuk lainnya.
§  Model matematika, penggambaran suatu entitas dalam bentuk persamaan atau formula matematik.
Kasus
2. Apabila ada 7 buah subsistem yang masing-masing berjalan atau berfungsi dengan baik. Ketujuh subsistem tersebut merupakan komponen dari sistem X. Apakah karena ketujuh buah subsistem berfungsi dengan baik, maka sistem X pun akan berfungsi dengan baik? Coba Anda jelaskan!
                Jawab : Pernyataan ini belum tentu benar, karena walaupun ketujuh subsistem berjalan dengan baik, tapi tanpa disertai hubungan sistem yang baik dan pengaruh lingkungan sistem yang buruk, tentu tidak akan menghasilkan sistem yang berfungsi dengan baik.

BAB III KONSEP DASAR INFORMASI DAN SISTEM INFORMASI
Soal
2. Mengapa data dan informasi sering dipertukarkan?
                Jawab : Karena data dan informasi memiliki hubungan dalam pengembangan sistem informasi, tetapi pada saat tertentu data dan informasi berbeda. Pada saat yang lain, sesuatu yang telah menjadi informasi mungkin menjadi data pengolahan selanjutnya. Pada saat yang lain pula, data harus diolah guna menghasilkan informasi.
Kasus
2. Apakah persepsi seseorang terhadap informasi yang diterimanya bersifat independent? Jelaskan!
                Jawab : Ya, pernyataan ini ada kemungkinan benar, karena informasi diterima oleh masing-masing orang yang berbeda, walaupun informasi yang ada sama. Seseorang mengolah informasi tersebut sesuai dengan persepsinya.

BAB IV KONSEP SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Soal
2. Jelaskan apa itu sistem informasi manajemen!
                Jawab : SIM merupakan kumpulan dari sub-sub sistem yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan yaitu mengolah data menjadi informasi yang berguna.

Kasus
2. Apakah diagram arus data (DAD) yang dicontohkan dalam bab ini bisa diterapkan, mengapa?
                Jawab : Bisa, karena dengan berubahnya pola pikir manusia yang mampu menciptakan penemuan-penemuan baru di dunia teknologi. Hal ini menyebabkan akses ke segala bidang mudah, tapi untuk benar-benar menerapkan DAD seperti contoh itu agak sulit karena mungkin hanya perusahaan-perusahaan yang sudah besar saja yang bisa menerapkan akses itu karena perusahaan besar mampu menutupi biaya untuk akses DAD tersebut.

BAB V SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN SISTEM PENGOLAHAN TRANSAKSI
Soal
2. Coba jelaskan apa itu sistem pengolahan transaksi!
                Jawab : Sistem pengolahan transaksi adalah komponen paling terstruktur di dalam SIM yang bertugas memproses data yang berasal dari operasi internal perusahaan menjadi informasi yang berguna bagi manajemen di tingkat operasional.
Kasus
2. Coba jelaskan bagaimana hubungan SIA dengan SIM!
                Jawab : SIA merupakan bagian terbesar dari SIM karena SIA ini ada di berbagai bidang-bidang operasional manajemen yang terdiri dari sub-sub sistem yaitu sub sistem akuntansi dan sub sistem keuangan. Data transaksi perusahaan dikumpul dan diolah menjadi informasi bagi top manajemen.

BAB VI HARDWARE
Soal
2. Coba jelaskan apa saja yang termasuk peralatan komunikasi!
                Jawab :  Peralatan komunikasi :
  • Network Card untuk LAN dan wireless LAN : kartu yang dipasang pada mainboard sebagai penghubung computer dalam suatu jaringan.
  • HUB/Swithcing dan accsess point wireless LAN : melakukan proses antara 2 pelanggan telepon, sehingga keduanya dapat terhubung satu sama lain.
  • Fiber optik, router, dan range extender.
  • Modem : alat komunikasi 2 arah yang menghasilkan sinyal digital sehingga dapat masuk ke dalam satu jaringan.
  • Pemancar
  • Satelit : Benda yang mengelilingi planet yang memiliki orbit peredaran sendiri.
Kasus
2. Gambarkan kinerja komputer yang memiliki spesifikasi RAM 4 MB, Prosesor Pentium VI 3.21, harddisk 1 GB!




BAB VII SOFTWARE
Soal
2. Sebutkan software-software yang termasuk spreadsheet?
                Jawab : Microsoft Excel, merupakan software terbaik saat ini, apabila kita ingin membuat tabel-tabel perhitungan. Dengan Excel, tabel-tabel angka bisa dirubah menjadi grafik.
  Kasus
2. Apakah software SIM dapat dibangun tanpa pemahaman tentang konsep sistem, informasi, manajemen, dan operasi perusahaan?
                Jawab : Tidak, karena sistem merupakan kumpulan dari subsistem apapun baik fisik, maupun non fisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan informasi merupakan salah satu jenis sumber daya paling penting (utama), jika tidak ada informasi berarti tidak ada organisasi. Intinya, tanpa keempat konsep di atas, suatu software SIM tidak dapat dibangun dan dijalankan, dikarenakan tidak ada adanya komponen yang saling berhubungan, yang dapat digunakan untuk membangun sebuah tujuan.

BAB VIII BRAINWARE
Soal
2.       Siapa sajakah yang dikelompokan sebagai pemilik sistem informasi manajemen?
Jawab:  pemiliknya bisa satu orang atau lebih yang kesemuanya berasal dari manajemen organisasi itu sendiri. Untuk sistem informasi multi user yang medium sampai besar pemilik sistembisa manajer tingkat menengah atau tingkat atas, sedangkan untuk sistem informasi multi user yang lebih kecil pemilik sistem bisa manajer tingkat menengah atau supervisor. Sistem informasi lainnya yang sangat kecil adalah sistem informasi individu, sistem informasi ini dimiliki oleh individu atau perorangan. Pemekaian dan pemilik sistem informasi individu adalah orang yang sama.
Kasus
2.       Apa yang menjadi persoalan apabila SDM suatu organisasi perusahaan membangun sendiri sistem informasi manajemen?
Jawab: Sebenarnya itu merupakan suatu hal yang bagus (expert), tetapi kepaduan Sim nya tidak akan sama dengan perusahaan lain.

BAB IX PROSEDUR
Soal
2.       Apa yang dimaksud dengan akivitas?
Jawab:
·         Whitten mengatakan aktivitas merupakan fungsi dari sistem informasi.
·         Winograd and flores menyatakan bahwa melakukan aktivitas aktivitas pada dasarnya melakukan suatu kegiatan berdasarkan informasi yang masuk dan persepsi yang dimiliki tentang informasi tersebut.
Kasus
2.       Kalau ada perbedaan antara prosedur konseptual dengan sebenarnya, kira-kira apa penyebabnya?
Jawab:

BAB X DATABASE DAN SISTEM MANAJEMEN DATABASE

Soal
2. Coba jelaskan dan beri contoh tentang hirarki data?
Jawab: Dalam konsep Database, data memiliki tingkatan yang dikenal sebagai hirarki data yang terdiri dari Bit, Byte, Filed, Record, File Database.
a. Bit adalah unit terkecil dari data. Bit ini menggambarkan sinyal 0 dan satu, dimana 0 berarti tidak ada arus listrik dan satu ada arus listrik.
b. Byte adalah kumpulan dari bit-bit yang membentuk sebuah karakter.
c. Field/Elemen data (data element) adalah kumpulan karakter-karakter yang membentuk suatu kata atau sekelompok kata/angka.
d. Record merupakan kumpulan dari field-field yang secara logika berhubungan.
e. File adalah kumpulan dari record-record yang berhubungan dengan suatu subyek tertentu.
f. Database adalah kumpulan dari data-data yang tersimpan dalam file-file.

 
Tugas
2. coba gambarkan dengan model network data-data yang berhubungan dengan perusahaan dagang obat-obatan seperti apotik/grosir obat.

BAB XI TEKNOLOGI JARINGAN
Soal
2. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis sinyal?
Jawab: sinyal analog, sinyal digital, & modem.
a. Sinyal Analog adalah Sinyal yang berbentuk gelombang.
b. Sinyal Gelombang adalah Sinyal yang memiliki bentuk berlawanan.
c. Modem adalah alat yang digunakan untuk merubah sinyal digital ke analog dan sebaliknya.

Tugas
2. coba jelaskan bagaimana sebaiknya spesifikasi jaringan berbasis wind

BAB XIV OTOMATISASI PERKANTORAN
Soal
Jawab : Otomatisasi kantor merupakan aplikasi teknologi informasi yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas karyawan di kantor dengan member dukungan dalam bentuk koordinasi dan komunikasi dari seseorang ke orang lain baik dalam maupun luar perusahaan.
Kasus
Jawab   : Sistem informasi suatu organisasi jika menggunakan intranet akan mendukung aktivitas yang terjadi di kantor atau suatu organisasi yang berupa kepentingan integrasi dan komunikasi yag terjadi di dalam kantor. Hanya dalam intranet, cakupannya sempit hanya dalam perusahaan saja.

BAB XV INTERNET DAN APLIKASINYA
Soal
Jawab :


  • Email
  • Usnet newgroup
  • Listerus
  • Chatting
  • Telnet
  • FTP
  • Zhopers
  • Archie
  • Veronica
  • Wais
  • World Wide Web



Kasus
Jawab : Kurang efektif, karena intranet cakupannya sempit hanya di dalam perusahaan saja dan harus dibangun aplikasi tertentu seperti sistem informasi akuntansi atau lebih dikenal sebagai e-commerce atau e-business.
BAB XVI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
Soal
2. Apa yang menjadi masalah dalam sistem informasi tradisional?
                Jawab : Yang menjadi masalah adalah teknologi informasi telah mengubah semua aspek kehidupan, begitu pula telah mengubah gaya hidup umat manusia. Sehingga sistem informasi tradisional membuat umat manusia tidak dapat berinovasi mengejar ketertinggalan mereka dalam persaingan yang sangat ketat dalam mengelola masa depan.
Kasus
2. Apakah ada hubungan antara sistem ERP dengan sistem informasi manajemen?
Jawab : Hubungan ERP dan sistem informasi manajemen adalah ERP merupakan teknik dan konsep bagaimana mengintegrasikan manajemen perusahaan secara keseluruhan dengan penggunaan yang efektif sumber daya untuk meningkatkan efisiensi perusahaan.
BAB XVII ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
Soal
2. Apa perbedaan tanggungjawab analis sistem dengan programer?
                Jawab : Tanggungjawab analis sistem :
1)      Melakukan evaluasi proyek
2)      Menganalisis sistem yang ada untuk mengetahui masalah yang ada dan kemungkinan pemecahannya
3)      Mendefinisikan pengembangan atau perubahan sistem bila diperlukan
4)      Mengevaluasi alternatif pemecahan masalah
5)      Memilih perangkat keras dan perangkat lunaknya (dengan persetujuan atasan)
6)      Mendesain, alur dan prosedur sistem baru
7)      Melakukan supervise untuk penerapan sistem baru
Tanggungjawab programer:
1)      Mengerjakan spesifikasi perancangan, agar sistem informasi yang dirancang dapat diterapkan.
2)      Bertanggungjawab terhadap program komputer, meliputi pengoperasian program dan kelengkapannya dan bahasa pemrograman yang digunakan.
Kasus
2. Apakah seorang analis sistem yang tidak memiliki pengetahuan di bidang manajemen dapat menganalisis masalah dalam sistem informasi manajemen? Berikan penjelasan!
        Jawab   :


               

0 komentar:

Poskan Komentar

nilailah blogku sesuka hatimu

Maher Zain - Insha Allah | Insya Allah | ماهر زين - إن شاء الله

Google Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

BlogCatalog

Blog Top Sites

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More