Twitter Updates


ShoutMix chat widget

Minggu, 24 Juli 2011

4 Manfaat Menangis

Manfaat Menangis

Menangis. Saya jika dalam keadaan sedih apalagi rasa sakit yang saya rasakan (tentunya dalam artian berhubungan dengan hati atau perasaan), langkah atau trik pertama yang saya lakukan itu adalah menangis. Tidak munafik walaupun saya seorang laki-laki langkah awal yang dilakukan adalah menangis jika dalam keadaan sedih sakit hati. Nah, setelah adegan ini selesai seketika beban atau rasa sakit hati yang begitu dalam berkurang, bahkan kalau saya Menangis hingga terisak atau sambil berteriak semisal ditempat yang sepi, beban itu pun hilang bisa dibilang lebih plooong.
Nah,,,ada langkah lain juga yang saya lakukan ketika saya sedang sedih yaitu, saya lebih memilih untuk menghibur diri dengan main-main, olahraga basket atau futsal, jalan-jalan, hura-hura, main game, atau hal-hal menyenangkan lainnya. Bahkan terkadang saya lebih memilih menghibur orang lain dg kekonyolan-kekonyolan saya dibanding harus dihibur. Dengan kata lain, saya selalu menyembunyikan kesedihan di hadapan orang lain.
Terkadang obat yang paling mujarab adalah kumpul bareng dengan sahabat-sahabat saya, dimana pada saat moment itu saya bisa menuangkan semua rasa saya, baik sedih, sakit hati, marah, kesel, dongkol, dan lai-lain. Selain itu saya langsung bisa mendengarkan dan menyerap semua saran dan masukkan dari sahabat-sahabat saya yang mana sarannya bisa membangun semangat saya lagi.
Menangislah jika memang ingin menangis. Tak peduli kamu laki-laki ataupun perempuan.
Konon katanya menangis itu adalah kegiatan yang bermanfaat. Dengan menangis, detak jantung akan bertambah, bisa sebagai latihan berguna bagi diafragma serta otot-otot dada dan pundak.
“Pria yang sering menahan amarah di tempat kerja berisiko tinggi terkena serangan jantung hingga menimbulkan kematian. Risiko serangan jantung juga lima kali lebih besar dibandingkan dengan orang yang memperlihatkan emosinya saat dalam keadaan marah. “ (sumber : vivanews)
Dari segi medis, manfaat tangis sebagaimana dikutip dari belief.net adalah sbb :
  1. Membantu penglihatan. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.
  2. Membunuh bakteri. Air mata berfungsi sebagai antibakteri alami. Tanpa obat tetes mata, sebenarnya mata sudah mempunyai proteksi sendiri. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90-95 % bakteri yang tertinggal hanya dalam 5 menit. Misalnya, bakteri yang terserap dari keyboard komputer, pegangan tangga, bersin, serta tempat-tempat yang mengandung bakteri.
  3. Mengeluarkan racun. William Frey, seorang ahli biokimia yang telah melakukan beberapa studi tentang air mata menyatakan bahwa air mata yang keluar saat menangis karena faktor emosional ternyata mengandung racun. Jadi, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa racun dari dalam tubuh terbawa dan dikeluarkan melalui mata.
  4. Membantu melawan penyakit. Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi. Bagaimanapun, perasaan tertekan dan tersakiti bisa membuat seseorang stres. Endapan stres yang terpendam dengan menahan tangisan inilah yang sering menimbulkan gejala tekanan darah tinggi dan penyakit lainnya yang dipicu oleh stres.
Apa lagi setelah saya tahu bahwa manfaat menangis tuh sangat menunjang kesehatan saya juga.
Jadi buat teman-teman jika mengalami patah hati, sedih, atau kecewa akan sesuatu, keluarkan lah semua rasa itu dalam tangisanmu....
So,,,tidak usah malu apalagi ragu, ingat ini demi kesehatanmu juga lho!!!

0 komentar:

Posting Komentar

nilailah blogku sesuka hatimu

Maher Zain - Insha Allah | Insya Allah | ماهر زين - إن شاء الله

Google Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

BlogCatalog

Blog Top Sites

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More